Taritere’s Weblog

mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Laporan Perjalan ke Lombok

Pada hari sennin tanggal 24 Juni 2013, saya bersama guru SMP Strada Budi Luhur pergi ke Lombok.  Kami berkumpul pada pukul  02.00 WIB di erea parkir TK Strada Budi Luhur Bekasi. Kemudian kami berangkat menuju Bandara Sokarno Hatta. Kami tiba di bandara pada pukul 04.00 WIB.

Kami akan berangkat ke Lombok menggunakan pesawat Lion Air, pesawat akan di terbangkan pada pukul 05.00 WIB, sehingga kami harus menunggu satu jam di bandara. Ketika menunggu ada yang duduk-duduk saja, ada yang tiduran dan ngobrol.

Pukul  05.00 pun tiba, kami pun terbang bersama Lion Air. Tiba di Lombok yaitu pada pukul 07.00 WIB, kami langsung di sambut oleh Bus. Dalam perjalan di Bus kami melihat pemandangan alam yang indah. Di Lombok pemandangannya masih alami. Banyak hutan, persawahan, dan perkebunan berbeda dengan kota Jakarta.

Hari pertama kami di bawa untuk menikmati keindahaan pantai Tanjung AAN. Pantai itu masih alami, warna airnya biru dan pantainya bersih tidak ada sampah sama sekali. Inilah pantai yang paling bersih yang pernah saya lihat. Berbeda dengan pantai yang berada di Yogjakarta dan Jakarta, pantai ini masih alami, orang-orang Lombok selalu menjaga kebersihan pantai. Setelah lelah jalan-jalan di pantai kami di bawa untuk beristirahat di hotel Lombok Garden. Di hotel kami bisa beristirahat. Bisa mandi, tidur atau pun makan.

Hari ke dua kami jalan-Jalan ke pantai  Giritrawangan.  Kami harus menyebrangi laut terlebih dahulu kerena pantai ini berada di pulau kecil di Lombok. Di pantai ini kami dapat menikmati keindahan alam seperti keindahan batu karang, keindahan ikan di dalam laut, keindahan alam dll.

Di pantai Giri trawangan saya bersama empat guru lain yaitu Bu Helen, Pak Pur, Pak Asadi, dan Pak Wili, mengelilingi pantai menggunakan sepeda. Kami menyewa sepeda seharga 25.000 per satu jam. Kami berkeliling namun di ujung jalan ternyata jalan buntu. Sehingga kami harus memoton  jalan terlebih dahulu. Kami pun potong jalan, jalan yang kami lewati itu hutan kelapa. Di hutan banyak sekali hewan-hewan liar. Hewan pertama yang kami temui adalah biawak yang besarnya sepaha manusia dewasa. Kami berjalan lagi kami bertemu biawak lagi. Lalu kami melihat ayam hutan, sapi, kuda.

Jauh bersepeda ternyata kami tersesat.  Kami harus kembali ke jalan yang semula. Setelah kembali kejalan yang semula kami pun tahu jalan pulang. Rasanya capek sekali bersepeda, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak meminum es kelapa yang di jual di pinggiran pantai.  Satu es kelapa harganya 15.00 rupiah. Setelah itu kami pun makan siang di salah satu restoran di pantai itu.

Hari ke tiga kami pergi melihat adat suku sasak , Suku sasak adalah suku Lombok. Suku sasak melakukan pertarungan untuk mendapatkan mempelai/ calon istri. Mereka bertarung untuk menyatakan diri mereka kuat. Namun saat ini pertarungan ini diadakan sebagai kompetisi saja. Pertarungan tersebut dinamakan parasean.

Hari keempat adalah hari terakhir sebelum kami ke bandara kami berjalan-jalan ke pura Linggar. Di pura tersebut terdapat sendang yang dipercaya siapa saja yang berdoa di sedang tersebut dan meminum airnya permohonannya akan terkabul.  Setelah jalan-jalan ke pura kami pun pulang naik pesawat Lion Air, tiba di bekasi yaitu pukul 24.WIB.