Taritere’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Penantian Hasil UAN

PENANTIAN HASIL UAN

Ujian Akhir Nasional yang berlangsung 22 hingga 24 April 2008, berjalan lancar. Namun pasca UAN banyak siswa SMA/SMK mulai mencemaskan hasil kelulusan yang akan diketahui bulan Juni mendatang. Pasalnya standard kelulusan yang ditentukan 4,25 dan nilai rata-rata 5,25 selain itu bertambahnya mata pelajaran yang diujikan tahun lalu tiga mata pelajaran yang diujikan sekarang menjadi enam mata pelajaran. Dwi adalah salah satu siswa yang mengikuti UAN di SMA Negri 1 Godean. Dwi mengaku cukup kewalahan dan kesulitan menghadapi UAN terutama untuk mata pelajaran Matimatika dan Fisika karena Dwi kelas XII IPA. Dua mata pelajaran tersebut cukum menguras pikirannya karena mengerjakan Matematika dan Fisika butuh ketelian dan konsentrasi tinggi. mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan IPA memang ditambah yaitu Fisika, Biologi dan Kimia.

Usaha yang dilakukan sekolah menambah jam pelajaran dilakukan beberapa bulan menjelang UAN, memang dipandang cukup baik tetapi juga menimbulkan sebuah pertanyaan. “Apakah usaha itu dapat membauahkan hasil yang lebih baik ataukah malah semakin memberatkan siswa ?” Pertanyaan ini muncul karena menurut pandangan Dwi , jika siswa harus mengikuti pelajaran 06.30 hingga 15.00 WIB setiap harinya, mampukah siswa mnyerap apa yang diajarkan? Karena yang ada siswa merasa kelelahan dan stress itulah yang membuat siswa sulit mencerna apa yang dipelajari, sehingga hasil ujian sering menurun. Namun sejauh ini Dwi menilai sekolah telah berupaya sebaik mungkin bagi anak didiknya

Menurut penuturan Dwi, guru-guru selalu memberikan dukungan agar siswanya terus belajar untuk menghadapi UAN. Kali ini mereka terlibat untuk menghadapi UAN. Dwi sendiri tidak berani memprediksi kelulusannya, karena masih tidak yakin. Walau pun begitu, harapan terbesarnya lulus dan segera melanjutkan keperguruan tinggi. Dwi pun mengeluh, “ Setelah UAN selesai tidak dapat istirahat sebab harus berjuang menghadapi ujian praktek dari tanggal 28 April sampai 10 Mei 2008.” Saat ini yang dilakukan Dwi adalah berusaha sebaik-baiknya dan berdoa serta mengikuti misa harian di Gereja.

ampWed, 07 May 2008 01:14:12 +000014Rabu 17,2008 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: